Thursday, May 6, 2010

Ngintip Sekolah yang Punya Wi-Fi

DULU kita cuma akrab dengan warung internet (warnet), kalo mau browsing harus siap-siap antre di warnet, begitu juga kalo ada tugas dari guru. Nah, sekarang ini zamannya sudah jauh banget berubah. Dimana-mana tempat sudah ada jaringan internet. Ada yang menyebutnya hot spot, ada juga wi-fi.


Dengan bantuan jaringan ini, berbekal perangkat laptop yang dilengkapi fasilitas Wireless Fidelity (Wi-fi), kita sudah bisa menjelajah dunia. Hebat, ya.


Sesuai dugaan, para pelajar Pekanbaru, bisa jadi Riau juga kali ya, nggak masuk kategori gagap teknologi (gaptek). Buktinya, sebagian besar (80 persen) mengaku tahu soal standar jaringan lokal nirkabel ini. Mereka juga menganggap jaringan wi-fi penting banget diadain di sekolah (41,4 persen).


Bagaimana di Pekanbaru? Untuk sekolah-sekolah unggulan di kota Bertuah ini, fasilitas wi-fi menjelma menjadi sebuah syarat yang harus ada untuk menunjang aktifitas belajar siswa. Makanya, jangan heran kalau lebih dari setengah atau 55,1 persen sobeX menyatakan, sekolah mereka telah memiliki wi-fi.


Untuk lebih jelasnya, yuk kita tanya aja langsung ke mereka.

Mereka sepertinya tidak ingin memahami begitu dalam perihal wi-fi, namun pemanfaatanlah yang paling penting dipahami.


Simak saja ucapan Vella, siswi SMAN 4 Pekanbaru ini ketika ditanya tentang wi-fi. ‘’Wi-fi itu, ya bisa berinternet gratis, free wi-fi zone, ya internetan,’’ ujar cewek yang duduk di kelas XII IPS 4 ini.


Cerita Agung Prasetyo, Ketua OSIS dan siswa jurusan Gambar Bangunan SMKN 2 Pekanbaru, juga begitu.


‘’Kami di sini ada yang jurusan IT dan Gambar Bangunan. Untuk menunjang kegiatan belajar, fasilitas akses internet perlu, apalagi SMKN 2 merupakan sekolah berstandar nasional, wi-fi itu penting banget,’’ katanya. Dia juga bilang, dengan adanya wi-fi siswa tidak lagi gaptek dan ketinggalan informasi.


Bayangkan, saat ini tidak hanya sekolah menengah umum dan kejuaran saja yang sudah menyediakan fasilitas wi-fi, tapi sekolah berlabel sekolah agama pun, seperti MAN 2 Model Pekanbaru dan sekolah tingkat menengah juga tersedia alat yang memungkinkan kita mengakses internet ini.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Ngintip Sekolah yang Punya Wi-Fi"

Post a Comment